Mengenal Jenis Dial Jam Tangan Terbaru!

Dial jam tangan adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Pasalnya dial adalah bagian penting yang dapat dikatakan sebagai wajah dari jam tangan kesayangan Anda. Setiap jam tangan memiliki desain dan karakteristik yang berbeda. 

Jam tangan terdiri dari beberapa bagian, salah satu bagian yang paling penting adalah Dial. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan tertentu pada jam tangan wajib mengetahui apa itu Dial dan jenis – jenisnya.

Selain menjadi item fashion jam tangan terbilang cukup fungsional sebagai pengingat waktu bagi penggunanya. Item kecil ini dimiliki oleh berbagai kalangan dengan bentuk dan model yang berbeda – beda. Sebagian orang bahkan memiliki lebih dari satu jam tangan untuk digunakan sehari – hari atau hanya koleksi semata.

Sebagai salah satu pecinta jam tangan, kurang lengkap jika Anda tidak mengenal bagian dari jam tangan satu ini. Apa itu dial dan jenis – jenisnya? Berikut ulasannya!

Apa Itu Dial Jam Tangan?

Apa itu Dial?

Apa itu Dial?

Dial merupakan bagian terpenting dalam jam tangan, bagian ini bisa dikatakan sebagai wajah dari jam tangan. Dial menampilkan desain, karakteristik dan fungsi sehingga terlihat lebih unik dan berbeda antara satu dan yang lainnya. Selain memegang peran penting dalam desain dan karakteristik, Dial berfungsi dalam menutup bagian mesin jam tangan sehingga terlihat lebih rapi.

Sebagai pecinta jam tangan, perlu untuk mengetahui seperti apa jenis dial yang mungkin nantinya akan menjadi pilihan Anda. Namun tidak perlu khawatir kebingungan mendapatkan informasi dari mana. Berikut, untuk mendukung minat Anda pada jam tangan, kami telah merangkum jenis-jenis dial secara lengkap. 

California

Jenis-jenis dial: california

Jenis-jenis dial: california

Jenis dial pertama yang ingin kami perkenalkan adalah California atau biasa disebut Cali. Dial satu ini pertama kali muncul pada tahun 1930-an. Pertama kali dikembangkan dan diproduksi oleh Rolex.

Dial Cali adalah dial arloji dimana indeks atas ditampilkan dalam angka romawi dan angka bawah dalam angka biasa. Indeks utama terdapat pada angka 3,6 dan 9 berupa garis dan angka 12 berupa simbol segitiga terbalik. Jam tangan dengan dial California terkesan klasik dan istimewa. Karena terdiri dari angka romawi, angka biasa serta simbol sehingga mempermudah Anda dalam melihat waktu.

Baca Juga: Mengenal Jenis Buckle Jam Tangan dan Cara Memilihnya!

Crosshair

Jenis-jenis dial: croshair

Jenis-jenis dial: crosshair dial 
Sumber: vintage jewelry

Dial Crosshair memiliki gaya vintage yang memberikan kesan bersejarah pada jam tangan. Dial ini sempat popular diantara dress watch pada zaman mid-century. Ciri khas dari dial crosshair adalah garis horizontal dan vertikal yang saling berpotongan. Semakin banyak merek ternama yang memproduksi jam tangan dengan Dial Crosshair sehingga panjang dan ketebalan setiap jam bervariasi.

Memilih jam tangan dengan jenis dial crosshair membantu Anda untuk lebih fokus saat melihat waktu di jam tangan. Namun Anda juga tidak perlu pusing karena kini Dial Crosshair telah divariasi dengan indeks angka utama 3,6,9 dan 12.

Baca Juga: Cara Memilih Ukuran Jam Tangan dan Diameter Yang Sesuai

Enamel

Enamel dial

Jenis-jenis dial: Enamel dial 

Sumber: watchusseek

Enamel merupakan dial jam tangan yang unik dan berbeda dari jam tangan lainnya. Enamel membutuhkan pembakaran sekitar 1200 derajat celcius dalam pembentukannya. Karena proses pembentukan yang terbilang sulit, jam tangan dengan dial enamel dijual dengan harga yang mahal. Enamel Dial memberikan tampilan berkilau dan lembut membuat jam terkesan lebih berkelas dan cantik.

Jam tangan dengan dial enamel tergolong dalam jam tangan ultra-high-end. Kami rasa dial satu ini cocok bagi Anda yang tertarik koleksi jam tangan atau memiliki selera yang unik untuk jam tangan.

Baca Juga: Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan? Fungsi dan Rekomendasinya

Dial Jam Tangan: Skeleton

Skeleton dial

Jenis-jenis dial: Skeleton  dial 

Sumber: richardmille

Dial skeleton merupakan salah satu dial yang cukup populer hingga saat ini. Pertama kali dibuat oleh Jean-Antoine Lepine dan Andre Charles Caron asal prancis. Jika dial lain menutup bagian mesin pada jam tangan, Skeleton justru memiliki sisi yang transparan sehingga dapat melihat interaksi komponen dibalik dial.

Dial skeleton banyak diminati oleh watch enthusiast karena struktur mekanikal yang berbeda dari yang lainnya. Jam tangan dial skeleton memberikan kesan kuat dan maskulin bagi penggunanya. 

Jenis Dial Guilloche

Jenis Dial Guilloche

Jenis-jenis dial: Guilloche  dial 

Sumber: watchclub

Guilloche Dial bisa disebut sebagai hasil karya seni dan kerajinan eksklusif. Dibuat menggunakan teknik ukiran, dial yang satu ini menjadi jam dengan karakteristik cukup unik dan berbeda dari yang lainnya. Dibuat pada awal abad 18, dulu Guilloche dibuat dengan ukiran tangan sehingga menjadi sangat identik dan berkelas.

Guilloche dibuat dengan sangat hari-hati dan membutuhkan fokus penuh, sehingga tidak heran jika dial dengan pembuatan manual satu ini sangat jarang diproduksi. Bahkan saat ini seni dial guilloche terancam punah dalam pembuatan jam kontemporer. Hanya sedikit dari produsen jam tangan yang memproduksi dial Guilloche.

Linen

Linen dial

Jenis-jenis dial: linen dial 

Sumber: spora

Jam tangan dengan dial linen kemungkinan sering Anda temui saat pergi ke boutique jam tangan. Memiliki pola horizontal dan vertikal seperti kain linen, dial linen menjadi desain yang cukup umum digunakan oleh pembuat jam tangan seperti Omega dan Rolex. Hampir sama dengan Guilloche, dial linen memiliki karakter vintage.

Meteorite

Meteorite dial

Jenis-jenis dial: everest bands

Sumber: problemsolving

Dari namanya kita sudah tahu bahwa Dial ini terbuat dari bahan meteorite yang telah memalui proses pemolesan. Melihat dari sejarahnya meteorit biasa digunakan dalam alat dan senjata hingga benda budaya dan perhiasan. Namun, penggunaan dalam jam tangan merupakan fenomena baru pada masanya.

Jika melihat dari sejarahnya ada dua jenis meteorit yang digunakan dalam pembuatan Dial Meteorite ini yakni Gibeon dan Muonionalusta. Bahan meteorit digunakan dalam bahan dial karena menunjukkan struktur widmanstatten yang menonjol dengan guratan pola khas. Dan rolex merupakan produsen pertama yang menggunakan potongan meteorit untuk membuat dial.

Dial Meteorite sangat diminati mereka yang tertarik dengan jam tangan walaupun harganya terbilang sangat mahal. Bahkan saat ini jam tangan dengan dial meteorite dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari harga emas.

Sector

sector dial

Jenis-jenis dial: sector dial

Sumber: revolutionwatch

Sesuai dengan namanya, dilihat secara langsung dial Sector memiliki lingkaran di tengah yang membagi dial menjadi sektor berbeda. Karakteristik dial sektor adalah bagian tengah yang terlihat bersih dan minimalis. Setiap jam biasanya memiliki garis setiap lima menit dan satu menit.

Dial sektor juga disebut sebagai scientific dial atau railroad dial. Dalam tata letaknya dial sektor menampilkan kesan desain art deco yang berpadu dengan minimalisme gerakan Bauhaus. Dial sektor cocok dipakai bagi Anda yang suka dengan gaya simpel namun tampak berkelas.

Dial Jam Tangan: Tapisserie

Tapisserie dial

Jenis-jenis dial: tapisserie dial

Sumber: hautehorlogerie

Memiliki desain yang unik Tapisserie merupakan dial dengan tekstur 3D pada keseluruhan bagiannya. Dengan tampilan pola berbentuk kotak – kotak kecil, indeks pada jam ditampilkan dalam bentuk garis seperti dial Guilloche.

Dial jam tangan Tappisserie adalah jenis yang diukir dengan pahatan logam yang presisi sehingga menimbulkan desain klasik dan berbeda dari yang lain. Tapisserie juga memiliki beberapa jenis seperti Vintage Petite Tapisserie yang ditemukan pada abad 80an dengan ukuran kotak yang sangat kecil. Hingga Mega Tapisserie yang memiliki pola terbesar dari semua dial. 

 

 

 

Thank You

You have successfully subscribed!, we will let you know when there are any updates

This email has been registered