10 Jenis Tali Jam Tangan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Tali jam tangan atau strap jam Apa saja komponen yang Anda perhatikan saat ingin membeli sebuah jam tangan? Dial jam, desain, harga, merk, atau ada hal lainnya? Pernahkah Anda menyadari bahwa salah satu komponen penting yang bisa membuat penampilan Anda stand out adalah tali jam tangan tersebut?

Sebelum membeli jam tangan mewah untuk diri sendiri atau orang lain, ada baiknya untuk mengetahui jenis tali yang digunakan sehingga jam tangan tersebut dapat bermanfaat sesuai dengan kebutuhan si pemakai jam.

Misalnya, tipe tali strap yang digunakan bisa berbeda jika Anda ingin pergi ke acara formal dibandingkan saat Anda ingin tampil casual. Untuk Anda yang sporty, jenis tali yang digunakan juga bisa berbeda dibandingkan dengan Anda yang feminin.

Setiap jenis strap memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tali jam tangan bisa mengubah total tampilan jam tangan Anda. Karena itu, biasanya banyak orang yang mengganti strap jam sesuai dengan mood atau tempat yang akan mereka kunjungi.

Buat Anda yang sedang bingung mencari tali jam tangan, Anda membaca artikel yang tepat. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan membahas tipe tali jam tangan yang banyak dijual saat ini. Semoga panduan ini bisa membantu Anda memilah-milih jenis tali jam tangan yang ingin Anda gunakan di kemudian hari.

Jenis Tali Jam Tangan Populer

Setiap tali jam tangan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari kita bahas satu persatu:

1. Jenis Tali Jam Tangan Kulit (Leather Strap)

Yang pertama, all-time favorite untuk pria maupun wanita, yaitu jam tangan dengan tali kulit. Ini merupakan salah satu tali jam tangan yang bisa digunakan baik untuk acara santai di kantor, maupun untuk acara-acara formal.

Untuk acara santai, tentunya penggunaan leather strap ini tidak akan terlalu mencolok, sehingga Anda tidak akan merasa overdressed. Penggunaan jenis tali jam tangan kulit akan membuat penampilan anda elegan, mewah, dan berkarakter.

Kekurangan dari tali jam tangan kulit adalah, Anda harus memberikan perawatan ekstra karena bahan kulit sensitif terhadap suhu ekstrim, lembab, dan juga paparan sinar matahari. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merawat tali jam tangan kulit yaitu dengan cara membersihkan secepat mungkin jika tali jam tangan basah terkena air atau keringat. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk merawat tali kulit sehingga kualitasnya tetap terjaga.

2. Tali Jam Tangan Nilon

Keunggulan dari tali jam tangan nilon adalah perawatannya yang mudah. Bahan nilon adalah bahan yang anti air, sehingga bahan ini tahan lama dan awet jika walaupun sering digunakan. Jika terkena kotor, yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan dan mengeringkannya jika basah.

Dari sisi harga, tali jam tangan nilon juga biasanya cukup terjangkau dibandingkan bahan lainnya. Ada banyak pilihan warna dan desain yang dapat Anda pilih untuk tali jam tangan nilon. Selain memberikan rasa nyaman untuk kulit saat dipakai, tampilan tali jam tangan nilon juga berkesan playful, sehingga cocok untuk digunakan saat sedang hangout bersama teman atau keluarga.

3. Tali Jam Tangan Karet (Rubber Strap)

Tali jam tangan karet sifatnya ringan dan lentur, sehingga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Tali jam tangan tipe ini juga sangat nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jam tangan dengan rubber strap memberikan kesan sporty untuk si pemakai. Karena sifatnya yang tahan air, produsen jam tangan banyak yang memadukan rubber strap dengan dial yang juga tahan air, sehingga jam tersebut bisa dipakai saat sedang berenang atau menyelam.

4. Jenis Tali Jam Tangan Perlon

Gaya tali jam tangan yang semakin populer saat ini adalah perlon. Tali jam tangan perlon dibuat menggunakan benang nilon yang terjalin satu sama lain. Desainnya biasanya unik dan bermotif, membuat jam strap jam tangan terlihat alami.

Ciri khas dari tali jam tangan perlon adalah tidak memiliki lubang untuk pin. Sehingga untuk merekatkan buckle, pin dapat tembus melalui anyaman nilon. 

Secara umum, kesan yang didapat jika Anda memakai jam tangan dengan tali perlon adalah kesan trendy. Selain ringan dan nyaman untuk dipakai, ada juga kekurangannya. Tali jam tangan perlon memiliki daya tahan yang rendah dan juga butuh perawatan ekstra karena tidak tahan terhadap udara lembab.

5. Strap Jam Tangan Nato

Jika Anda merupakan peminat jam, tentu saja Anda sudah sering melihat tali jam tangan nato yang terbuat dari nilon. Tali ini memiliki corak garis warna-warni. Tampilannya menarik, ringan, dan awet.

Penggunaan tali jam tangan Nato dapat secara drastis mengubah penampilan dari jam tangan tersebut. Karena harganya yang terjangkau, banyak orang memilih menggunakan jam tangan dengan tali Nato untuk bergaya di akhir pekan. Kemudian, saat hari kerja dimulai, mereka bisa mengganti tali jam tangan mereka dengan bahan lain kembali.

6. Tali Jam Tangan Zulu

Tali jam tangan zulu bentuknya sangat mirip dengan tali jam tangan nato. Perbedaan utamanya adalah tali zulu terbuat dari bahan yang lebih tebal dibandingkan nato. Ada dua jenis tali zulu, yaitu yang memiliki 5 ring atau 3 ring. Walaupun jumlah ringnya banyak, pergerakan pergelangan tangan Anda tidak akan terbatas saat bergerak.

Banyak penggemar jam tangan memilih menggunakan tali jam tangan zulu karena bahan yang digunakan tebal dan tahan lama.

7. Tali Jam Tangan Keramik

Bagi penggemar jam tangan mewah, tentunya Anda sering melihat tali jam tangan keramik. Salah satu keunggulan tali jam tangan ini adalah bahannya yang terlihat mahal dan berkualitas. 

Selain itu, tali jam tangan keramik juga anti gores, berbobot ringan, dan tidak membuat iritasi pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa mencoba menggunakan tali jam tangan keramik.

8. Tali Jam Tangan Stainless Steel

Bahan stainless steel membuat tampilan jam tangan menjadi mewah dan elegan. Dibandingkan tali jam tangan dengan bahan karet atau nilon, tentunya jam tangan dengan tali stainless steel tidak mudah robek atau rusak. 

Dewasa ini, banyak brand jam tangan mewah yang menggunakan tali stainless steel karena daya tahannya. Karena tidak mudah rusak, jam tangan dengan tali stainless steel cocok untuk digunakan dalam kegiatan apapun. Hanya satu kekurangannya, yaitu bahannya yang berat jika digunakan untuk beraktivitas dalam jangka waktu yang lama.

9. Jenis Tali Jam Tangan Kayu

Strap dari kayu memang jadi semakin populer di kalangan anak muda saat ini. Apalagi dengan munculnya banyak brand lokal di Indonesia yang membuat jam tangan dengan tali kayu. Jam tangan dengan tali kayu cocok untuk digunakan saat acara casual. Memberikan kesan environmentally friendly.

10. Tali Jam Tangan Oyster

Mari beralih ke tali jam tangan oyster. Tali jam tangan ini disukai oleh watch enthusiast karena fungsinya. Banyak brand jam tangan mewah seperti Rolex yang memperkenalkan jam tangan dengan tali oyster. Bentuknya klasik dengan daya tahan yang kuat. Cocok untuk digunakan oleh penyelam.

Jadi, Jenis Tali Jam Tangan Apa yang Harus Saya Gunakan?

Tentunya, hal ini tergantung dari preferensi masing-masing orang. Meskipun begitu, ada aturan fashion secara general yang bisa kita ikuti.

Misalkan, jenis tali jam tangan nato, zulu, dan perlon cocok digunakan untuk santai di akhir pekan. Tetapi, usahakan jangan menggunakan tali jam tangan ini saat Anda ingin bepergian ke pantai atau area yang lembab. 

Untuk acara formal, tali jam tangan yang bisa Anda gunakan adalah jenis oyster, atau stainless steel. Anda bisa mencocokkan gaya Anda dengan tali yang akan digunakan. 

Bagaimana? Sudah tahu tipe tali jam tangan mana yang akan cocok dengan kepribadian dan karakter Anda? Tenang, Anda dapat menemukan yang Anda cari di Chronoluxe.

Chronoluxe menyediakan berbagai pilihan jam tangan high-end dengan banyak macam pilihan tali jam tangan. Anda dapat mengunjungi website Chronoluxe untuk info lebih detail atau langsung mengunjungi butik Chronoluxe terdekat. Semua jam tangan yang ada di Chronoluxe telah dikurasi dengan ketat dan 100% autentik, sehingga Anda dapat berbelanja dengan nyaman.

Thank You

You have successfully subscribed!, we will let you know when there are any updates

This email has been registered