Subdial Jam Tangan: Fungsi dan Kegunaannya

Subdial jam tangan adalah “jam tangan mini” di dalam jam tangan. Tampilannya biasa disebut “mini-dial” biasanya menampilkan detik,menit, bulan, bahkan hingga stopwatch. Fitur subdial biasanya terdapat pada jam tangan Chronograph

Fungsi jam tangan memiliki arti yang lebih dalam dari hanya sekedar penunjuk waktu. Jam tangan yang dibuat dengan kualitas tinggi dapat memperlihatkan karakter dan kepribadian dari sang pemakai, baik pria maupun wanita.

Di era modern saat ini, jam tangan sudah memiliki berbagai macam fitur multifungsi yang dapat menunjang aktivitas harian penggunanya. Pernahkah Anda bertanya apa saja fitur yang terdapat dalam sebuah jam tangan mewah? 

Jika Anda lihat berbagai macam merk jam tangan high-end seperti Rolex, Audemars Piguet, dan Patek Philippe, tentunya Anda dapat menemukan beberapa dial mini yang terdapat di dalam dial utama. Dial mini ini disebut sebagai subdial. 

Penambahan fitur ini dapat membuat jam tangan terlihat lebih mewah dan juga menawan. Subdial telah menjadi fitur populer di industri jam tangan sampai saat ini.

Artikel ini akan membahas apa itu subdial pada jam tangan, bagaimana sejarah singkatnya, fungsi utamanya, dan juga jenis-jenis subdial yang sekarang ada di market.

Dengan memahami lebih jauh, Anda dapat menambah pengetahuan mengenai horologi, atau seni ilmu pengetahuan tentang waktu. Lebih baik daripada itu, Anda juga dapat lebih mudah menentukan pilihan pembelian jam tangan dengan subdial yang tepat, yang sesuai dengan karakter Anda.

Apa Itu Subdial Pada Jam Tangan?

Secara singkat, subdial pada jam tangan adalah mini-dial yang dapat ditemukan pada muka jam tangan. Setiap jam tangan memiliki jumlah subdial yang berbeda-beda, ada yang hanya memiliki 1 subdial, tetapi ada pula yang memiliki hingga 4 buah subdial.

Tentunya, keberadaan fitur ini pada jam tangan dapat membuat tampilan muka jam tangan terlihat modern dan mewah. Subdial memiliki berbagai macam fungsi, ada yang fungsinya untuk menunjukkan fase bulan, zona waktu, indikator power reserve, kalendar, ataupun sebagai stopwatch

Ketahui Sejarah Singkat 

Subdial jam tangan telah ada sejak abad ke-17. Sebelumnya, subdial digunakan untuk menampilkan hari dan tanggal. Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaannya lambat laut berkembang menjadi untuk melacak detik, menit, dan jam.

Dalam industri jam tangan modern, subdial memiliki tambahan-tambahan fungsi. Banyak pembuat jam tangan menambahkan fitur ini untuk menunjang aktivitas profesi tertentu dan juga untuk menambahkan kesan elegan pada jam tangan.

Apa Saja Jenis-Jenis Subdial Pada Jam Tangan?

Sekarang mari mengenal jenis-jenis subdial pada jam tangan yang paling populer. Berikut listnya:

1. Moonphase Subdial

Sebelum masyarakat menggunakan jam tangan sebagai pelengkap gaya hidup sehari-hari, orang-orang di zaman dahulu mengandalkan bulan, rasi bintang, ataupun matahari untuk mengetahui waktu. Jam matahari atau sundial diciptakan untuk menunjukkan waktu berdasarkan pergerakan matahari.

Seiring berjalannya waktu, orang mulai memahami bahwa bulan memiliki pengaruh yang besar terhadap bumi. Pengaruh gravitasi bulan mempengaruhi pasang surut lautan dan perpanjangan waktu di bumi. Oleh sebab itu, pembuat jam tangan mulai menemukan fitur moonphase yang dapat melacak siklus bulan selama 29,5 hari. Moonphase subdial melacak siklus bulan dan menunjukkan kepada pemakai jam tangan fase bulan saat ini.

Banyak merk jam tangan high-end yang menyuguhkan tampilan moonphase subdial menyerupai bulan asli yang terlihat di langit. Mungkin, bagi orang awam yang mengandalkan jam tangan sebagai penunjuk waktu, fitur moonphase subdial tidak terlalu berarti. Namun, bagi pecinta horologi, fitur ini adalah salah satu hal yang sangat unik. Selain fungsinya, moonphase subdial juga menambahkan sisi artistik pada desain jam tangan, membuat penampilan pemakainya terlihat menawan.

2. GMT Subdial

Jam tangan GMT mulai populer sekitar tahun 1950-an saat perjalanan udara menjadi lebih umum. Para pilot maskapai penerbangan melihat kebutuhan dalam menggunakan jam tangan dengan GMT subdial agar mereka dapat mengetahui jam di zona waktu yang berbeda sekaligus.

Sebagian besar jam tangan GMT akan memiliki bezel dengan skala 24 jam yang memudahkan pemakainya untuk melihat waktu di zona waktu yang berbeda. 

Dengan menggunakan jam tangan yang memiliki subdial GMT, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menghitung zona waktu ataupun mengawasi apa yang sedang terjadi di zona waktu sedang Anda singgahi.

Selain modis, jam tangan dengan subdial GMT juga sangat fungsional dan cocok bagi traveler yang sering melakukan perjalanan domestik ataupun internasional. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Dial Pada Jam Tangan Terbaru!

3. Chronograph Subdial

Meskipun ini terdengar sedikit rumit, chronograph secara sederhana berarti stopwatch. Dengan menekan kedua sisi jam tangan, pemakai jam tangan dapat mengaktifkan fungsi jarum detik chronograph. Anda dapat menemukan chronograph subdial pada banyak model jam tangan mewah seperti Rolex, Omega, atau Patek Philippe.

Kronograf telah ada sejak abad ke-19. Dengan perkembangan di dunia otomotif dan penerbangan, jam tangan dengan chronograph subdial menjadi lebih populer. Pilot dan pembalap sering menggunakan jam tangan dengan chronograph subdial untuk menunjang aktivitas mereka.

4. Power Reserve Indicator Subdial

Kalau Anda perhatikan, setiap jam tangan mekanis dilengkapi dengan power reserve yang digunakan untuk menyimpan tenaga dari movement. Jam tangan ini menghasilkan tenaga dari pergerakan tangan atau dengan cara memutar kenop secara manual. Masing-masing jam tangan memiliki power reserve yang berbeda.

Pada jam tangan mewah, kamu bisa menemukan power reserve subdial yang digunakan untuk memberitahu pemakainya mengenai berapa banyak cadangan daya yang tersisa, sehingga Anda bisa mengetahui berapa lama jam tangan tetap dapat menyala tanpa adanya gerakan dari pergelangan tangan.

5. Date Subdial

Seperti namanya, subdial ini sangat mudah dipahami karena menunjukkan tanggal. Dalam bulan-bulan yang lebih pendek, Anda perlu mengatur ulang subdial tanggal secara manual. Beberapa jam tangan digital menyertakan bulan sehingga secara otomatis akan beralih ke hari, bulan, dan tanggal yang tepat.

Diatas adalah penjelasan mengenai jenis-jenis subdial populer yang ada pada jam tangan. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang fungsi dan jenis-jenis subdial pada jam tangan.

Rekomendasi Jam Tangan Dengan Subdial di Chronoluxe

Chronoluxe menjual banyak model jam tangan dengan kualitas tinggi untuk Anda. Beberapa jam tangan dengan subdial yang dapat Anda beli di Chronoluxe contohnya seperti Rolex Cosmograph Daytona 40, Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43 dan Patek Philippe Grand Complications. 

1. Rolex Cosmograph Daytona 40

Diperkenalkan pada tahun 1963, Cosmograph Daytona dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pembalap profesional. Lebih dari 50 tahun setelah pembuatannya, Rolex Cosmograph Daytona 40 ini masih terus dicari oleh para watch enthusiasts di seluruh dunia. 

Tampilan ikonik dengan tiga subdial membat jam tangan ini populer. Selain untuk penunjuk waktu dalam satuan menit, subdial juga berfungsi sebagai penunjuk detik. 

2. Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43

Salah satu pilihan jam tangan mewah lainnya dengan subdial adalah Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43. Jam tangan ini memiliki diameter 43 mm dan berbahan stainless steel, emas, serta titanium.

Selain sentuhan modern yang kental pada Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43, jam tangan mewah ini juga tahan air hingga kedalaman 100 meter. Jam tangan ini memiliki 3 subdial. 

3. Patek Philippe Grand Complications

Tentunya sebagai pecinta jam tangan, Anda sudah familiar dengan merk jam tangan Patek Philippe. Patek Philippe memiliki koleksi jam tangan yang banyak, dan salah satu yang model yang paling kompleks dari sisi teknis adalah Patek Philippe Grand Complications.

Jam tangan ini memiliki kompleksitas teknis tanpa mengorbankan estetika. Terlihat elegan dengan 2 subdial yang berada di muka jam tangan. Jika Anda berminat untuk membeli Patek Philippe Grand Complications, anda dapat mengunjungi website Chronoluxe Boutique
Itulah pembahasan mengenai subdial dan juga rekomendasi jam tangan mewah yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli. Jam tangan yang dijual oleh Chronoluxe dijamin 100% asli, sehingga Anda bisa mendapatkan peace of mind saat berbelanja.

 

Thank You

You have successfully subscribed!, we will let you know when there are any updates

This email has been registered